Kamis, 23 April 2009

Tips Mengurangi Konsumsi gula

Gula telah jadi bagian hampir sepanjang hidup kita. Bahkan bisa dikatakan kita sudah kecanduan dengan gula. Bagaimana tidak, hampir setiap minuman dan makanan yang kita konsumsi sehari-hari penuh dengan kandungan gula. Misalnya saja jus buah, kopi, teh, susu, yoghurt, roti berselai, sereal sarapan pagi dan masih banyak lagi. Bahkan meminum minuman soda sama dengan mengkonsumsi hampir 10 sendok teh gula (batas maksimum yang diperbolehkan konsumsi gula dalam sehari).

Minum minuman yang manis memang menghilangkan dahaga. Apalagi kalau minuman tersebut dingin, sungguh terasa segar. Kalaupun hangat, akan terasa menghangatkan badan sekaligus menambah tenaga. Padahal meminum minuman yang terlalu manis justru akan membuat dahaga menjadi lebih haus lagi. Sebenarnya bagi tubuh kita, gula hanya meningkatkan energi, tanpa kandungan vitamin, mineral, serat atau anti-oksidan yang dapat Anda temukan dalam makanan alami. Dan terlebih lagi pengaruh negatifnya, gula dapat memicu kegemukan.

Namun tentu saja tidak mungkin untuk menghapuskan gula dari kehidupan kita. Berikut beberapa tips yang cukup mudah untuk membatasi asupan gula ke dalam tubuh kita:
1. Hindari produk-produk instant atau kemasan, termasuk yang dibuat dengan tepung. Konsumsilah makanan dalam bentuk alami, kecuali buah atau jus kalengan.
2. Konsumsilah lebih banyak buah-buahan manis sebagai pengganti pemanis dari gula.
3. Hentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan manis favorit Anda selama tiga minggu. Setelah selang waktu itu, indra perasa Anda akan mengalami perubahan dan kebutuhan Anda akan makanan manis tidak akan sekuat sebelumnya.
4. Pilihlah madu sebagai pengganti manisnya gula. Selain lebih alami, madu banyak khasiatnya dan manisnya pun tak kalah dibandingkan gula biasa.
5. Kendalikan dorongan untuk ngemil, terutama makanan manis. Misalnya jika Anda ingin menyantap sepotong donat manis, ambil jeda 15 menit untuk memikirkan makanan itu lagi atau alihkan dengan aktivitas lain.
6. Minumlah banyak air putih sepanjang hari. Terkadang kita salah mengartikan dehidrasi sebagai rasa lapar.
7. Pilihlah makanan berprotein karena dapat diserap lebih lama dari pada karbohidrat dan membuat rasa kenyang bertahan lama.
8. Jika terpaksa harus mengkonsumsi gula, pilihlah gula rendah kalori yang banyak tersedia di pasaran.
Setelah menjalani tips-tips diatas semoga keinginan Anda untuk mengkonsumsi makanan manis akan berkurang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar