Minggu, 26 April 2009

Membangun Otot Kering

Otot yang kering, maksudnya adalah otot yang dimiliki oleh seseorang tetapi tidak tertutup oleh lemak atau lapisan lainnya sehingga garis ototnya terlihat jelas dari balik kulit. Karena itu otot tersebut disebut kering, berlawanan dengan orang yang ototnya tertutup lapisan lemak sehingga garis ototnya tidak seberapa terlihat. Disini akan ditunjukkan lanjutan tips-tips berikutnya setelah artikel pertama.
Tetap pada jumlah set terbatas
Anda tidak berlatih untuk marathon. Yang akan anda lakukan adalah membangun massa otot. Lupakan dua jam fitness dengan jumlah latihan dan set yang luar biasa banyak. Jika anda melakukan ini maka yang anda peroleh adalah terbakar, overtraining, dan tidak membangun otot!
Sangatlah tidak perlu pergi ke gym setiap hari, melakukan 20 set rutin bagian tubuh dengan banyak jenis latihan yang berbeda-beda. Yang perlu anda lakukan berlatihlah keras, berat dan tidak terlalu sering pada latihan dasar, lalu berisitirahat yang cukup dan makan nutrisi yang cukup, tambahkan berat beban yang anda angkat ketika anda merasa mampu dan anda akan menambah otot.
Beberapa dari anda akan dengan cepat membangun otot tetapi beberapa akan membutuhkan waktu lama untuk menambah beberapa kg berat. Inilah peran dari genetic. Tetapi anda bisa memaksimalkan usaha anda dan memperoleh hasilnya dengan melakukan tips-tips ini.
Gunakan Beban Berat
Ketika kita bicara tentang beban berat, maksudnya adalah yang berat menurut anda. Pilih beban yang membuat kita hanya mampu mengangkat beberapa repetisi saja. Anda bisa menggunakan teknik angkat beban 5x5 (2 set untuk pemanasan dan 3 set menggunakan beban yang berat untuk 5 repetisi tiap set).
Istirahat
Otot anda tumbuh ketika anda beristirahat, tidak saat anda fitness. Anda perlu memberi waktu bagi otot anda untuk istirahat dan pemulihan sehingga proses pembentukan bisa terjadi.
Berlatih bagian punggung pada satu hari, dada pada hari berikutnya dan kaki pada hari berikutnya lagi akan membuat bagian-bagian otot anda waktu untuk istirahat. Tetapi ini bukanlah cara untuk membentuk otot kering. Kenapa?
Karena setiap kali fitness, tubuh anda akan mengalami tekanan sistematis, tidak peduli bagian otot mana yang anda latih. Ginjal dan hati anda pasti tidak mengerti bagian mana yang anda latih. Jadi mulailah beristirahat dan biarkan otot anda mulai tumbuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar