Rabu, 17 Februari 2010

Tips memulai hari yang positif sampai menjelang tidur (biasakanlah sampai terbiasa)

Dalam catatan kali ini gw bukan membahas panjang lebar tentang latihan, tapi membahas tentang kehidupan atau kebiasaan kita di mulai dari pagi hari dengan bangun tidur sampai malam menjelang tidur lagi.
Sadar gak sih kita semua sebagai manusia biasa pastinya sangat banyak sekali kebiasaan buruknya dari pada kebiasaan baiknya? Padahal kebiasaan buruk kita berawal dari hal yang kecil atau sepele, dan seiring berjalannya waktu tanpa kita sadari kebiasaan buruk tersebut masih bersahabat dengan kita sampai sekarang.
Apa saja sih kebiasaan buruk kita? Gw tidak tahu dengan pasti kebiasaan buruk kita tadi? karena semua ini yang punya dan tahu hanya kalian masing masing, kenapa kebiasaan buruknya tidak kita ubah supaya menjadi normal kembali? Bagaimana cara mengubahnya?
Nah.. susahnya di sini, bagaimana cara mengubahnya? Karena kebiasaan buruk kita tadi sudah berteman dengan kita sejak lama jadi sangat susah sekali untuk membuangnya, beberapa contoh : terbiasa dengan masakan junkfood dan tidak sadar tubuhnya sudah melar, terbiasa sehabis makan langsung tidur, disinilah bahayanya karena gula darah kita langsung meroket, sama saja dengan loe bunuh diri pelan-pelan, terbiasa naik kendaraan daripada jalan kaki, padahal jarakanya hanya 3 atau 4 kilo, terbiasa minum-minuman kaleng atau softdrink daripada air puitih, ini juga hal yang sangat fatal jika masih berlanjut, dan gw gak bisa menyebutkan semua kebiasaan buruk kita tadi.
Mungkin akan sangat bosan membaca note ini, karena sangat tidak istimewa atau buat apa sih note ini gw bikin? Gak penting sekali kan?
Berawal dari dan terinspirasi oleh orang-orang yang membiasakan dirinya dengan hal-hal yang tidak menyayangi diri sendiri dan gw buatlah note ini, bukannya gw mendikte seseorang tapi hanya sekedar sharing untuk merubah sedikit demi sedikit kebiasaan buruk kita tadi, tidak ada salahnya kan mencobanya? Sayangi diri kita, mari kita semua keluarga besar PKID atau orang lain yang membaca note ini kita rubah kebiasaan kita tadi menjadi normal kembali atau positif. Ada banyak tekhnik parkour yang bisa di pakai dalam kehidupan kita sehari-hari, tapi kita tidak pernah memakainya.
Mari kita awali kebiasaan kita mulai dari bangun tidur.

Bangun tidur : Berdoa, dan biasakanlah pas mau bangun atau berdiri pakai tekhnik roling, posisi 1 kaki kiri atau kanan di tekuk di posisi bawah, lalu berdiri, cara ini lebih efektif. di lanjutkan push up, sit up dan pull up walaupun masing-masing hanya 10 kali saja. (progress)

Menuju dapur : bisa dengan quadrupedal movement, dan langsung minum air putih 1 gelas, di lanjutkan jika bisa jogging atau jalan pagi akan lebih bagus lagi, karena udaranya masih belum terpolusi walaupun hanya 5-10menit.(progress)

Sikat gigi : biasakanlah jangan monoton, coba berganti tangan untuk melatih otak kiri dan kanan, yang biasanya memakai tangan kanan pada waktu sikat gigi sekarang coba ganti dengan memakai tangan kiri dan sebaliknya pada yang kidal.

Mandi : jika yang masih memakai gayung untuk mandi tekhniknya sama seperti sikat gigi tadi, dengan mengganti tangan kiri atau kanan dan sebaliknya.

Memakai baju dan celana : NORMAL. (masa mau gw jelasin detailnya?)

Menyisir rambut : tekhniknya sama dengan menyikat gigi.

Sarapan : carilah info tentang sarapan yang sehat seperti apa? Ingat..!! sarapan yang sehat menentukan kualitas hari kita pada saat di kantor, kampus atau sekolah.

Memakai sepatu : jangan di bangku atau posisi duduk, biasakanlah posisi berdiri dan kaki diangkat, ingat posisi tulang belakang jangan sampai membungkuk, kaki yang menyambut tangan, jangan tangan yang menyambut kaki, jagalah tetap seimbang.(progress)

Berangkat kerja, kuliah/sekolah : sebelum berangkat berdoa dulu, dan ricek lagi semua peralatan listrik, kompor, kran air masih menyala apa tidak? terakhir jangan lupa mengunci pintu dan tidak lupa untuk mencabut kuncinya.

Mengendarai mobil/motor : tetaplah fokus, yang pertama, jangan mendengarkan MP3, jika masih bersikeras mau dengerin musik, volumenya yang wajar supaya kita masih bisa mendengar suara sekitar seperti klakson dan lain-lain. kedua, jangan menelpon jika masih mengendarai walupun memakai handsfree? Menepilah dahulu jika ada panggilan masuk.

Sampai kantor, kampus/sekolah : jika 3 atau 4 lantai jangan menggunakan escalator atau lift jika ada, pada saat menaiki tangga jangan menaiki satu persatu anak tangganya, tapi skip 4 atau 5 anak anak tangga, yang masih belum terbiasa bisa 2 atau 3 anak tangga, ini untuk menguatkan bagian kaki. (progress)

Di meja sebelum memulai bekerja, kuliah/sekolah : berdoa dahulu.

Di tempat duduk : jangan terlalu lama di depan computer atau di tempat duduk apalagi sampai berjam-jam, karena tidak bagus untuk kesehatan, sesekali kita harus jalan, bagi yang sekolah atau kuliah bisa minta ijin untuk ke toilet jika sudah terlalu lama, sediakanlah air putih selalu di meja dengan menggunakan botol atau tempat air lainnya, karena menurut anjuran supaya ginjal kita tetap bekerja dengan baik dan sehat kita butuh kurang lebih 8 sampai 10 gelas setiap harinya.

Bangun dari tempat duduk : pakai tekhnik pistol squat, yaitu jangan menggunakan tangan dan 2 kaki pada saat bangun, tapi hanya memakai 1 kaki, yang 1 kaki lagi lurus kedepan.

Makan siang : makanlah makanan sehat, jangan memakan apa yang di butuhkan oleh hasrat, tapi makanlah apa yang di butuhkan oleh tubuh, contoh : tubuh kita seharusnya butuh kalsium,vitamin,mineral,protein dan lemak, semuanya itu harus seimbang jika mau hidup sehat dan seimbang serta berkualitas, carilah terus info tentang kesehatan dan nutrisi. Karena apa yang masuk kedalam tubuh kita sama saja menabung untuk hari tua.

Pulang kantor, kuliah/sekolah : NORMAL. Berdoa sebelum pulang, ( kalau mau berparkour ria silahkan ) Jam 18.00 merupakan saat yang tepat untuk berolahraga, karena kekuatan dan fleksibilitas tubuh dalam kondisi puncak. Disebabkan kandungan glikogen pada saat itu di dalam tubuh cukup banyak. Glikogen merupakan simpanan karbohidrat dalam bentuk glukosa di dalam tubuh yang berfungsi sebagai salah satu sumber energi. (tidak salah klo sehabis pulang kantor kita latihan dulu)

Makan malam : hindarilah makan malam yang terlalu banyak lemak dan karbohidrat, hindari juga makanan olahan yang terlalu manis pada saat mau tidur, seperti coklat, permen dll. perbanyaklah makan sayur mentah dan buah, jika tidak bisa meninggalkan nasi, kurangilah sedikit porsi nasi (karbohidrat) pada saat malam hari. dan kurangi cemilan.

Belajar : jangan lupa belajar bagi yang sekolah atau kuliah, yang bekerja pun tetap harus belajar, belajar tidak akan ada habisnya sampai kita mati, ada pepatah mengatakan “Carilah ilmu walaupun ke negeri China” klo versi gw “Carilah ilmu sampai ke lises” hahaha..!!! kan mau ketemu om DB.

Sebelum tidur : push up, sit up, dan pull up walaupun hanya 10 kali saja masing-masing harus di biasakan, ingat…!! Jeda waktu sehabis makan malam pada saat mau melakukakan gerakan tadi jangan terlalu dekat.

Tidur malam : Berdoa, jangan tidur terlalu larut malam karena jam biologis manusia agar dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, tubuh membutuhkan tidur yang berkualitas, Tidur sehat manusia adalah 7 sampai 9 jam setiap hari. Perbaikan sel ini dipicu oleh hormon yang bernama Human Growth Hormone (HGH).Karena itu, dengan tidur yang cukup rata-rata 8 jam per hari, sama saja dengan membiarkan tubuh Anda memulihkan tubuh kembali. Tentu ini akan membuat Anda bangun dengan sehat pada pagi hari setelah tidur yang cukup. Matikan lampu, mematikan lampu ketika tidur malam bermanfaat bagi tubuh, hanya dalam keadaan yang benar-benar gelap tubuh menghasilkan Melantonin, salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam hari sekecil apapun sinarnya menyebabkan produksi hormon melantonin terhenti.

Ok, mungkin hanya sebatas itu saja gw bisa sharing tentang kebiasaan kita setiap harinya, mohon maaf sebelumnya jika masih banyak sekali kata-kata yang kurang dan tidak berkenan di hati teman-teman, di karenakan gw bukan editor atau penulis yang handal, gw menulis note ini apa adanya gw, somoga kita semua bisa berubah dan merubah kebiasaan buruk kita yang telah lama menjadi teman kita, biaskanlah berlatih dan hidup sehat terus sampai semuanya terbiasa, dan ingat tetap SEMANGAT..!!

Jakarta, 18 February 2010.
Inspired : orang orang di jalanan.

1 komentar:

  1. nice post... aku simpen ya mas, biar inget selalu, hehe

    BalasHapus