Minggu, 02 Januari 2011

Otot Wanita dan Pria berbeda

Wanita memiliki kepadatan otot atau jumlah serat otot yang lebih sedikit daripada pria, namun kualitas serat otot wanita sama dengan pria. Dengan menjalani program latihan, hipertropi (pembesaran) otot pada wanita tak akan sama dengan laki-laki. Hal ini dikarenakan kadar hormon testosteron (hormon anabolik yang memegang peranan dalam pembangunan otot) pada pria 10 kali lebih besar dari wanita.

Peningkatan kualitas dan kekuatan otot pada wanita tetap ada. Namun hipertropi otot yang terjadi sangat kecil. Ketakutan wanita menjadi besar karena latihan fisik adalah tak beralasan, karena secara normal wanita tidak mungkin besar seperti pria.
Masukannya adalah bagaimana untuk memperkuat tulang dan membentuk tubuh yang padat? Yaitu dengan cara melakukan olahraga beban semisal angkat berat, tapi karena di parkour tidak menggunakan beban untuk latihan jadi urungkan niat angkat beban tersebut, yang kita pakai disini adalah istilah Body weight atau latihan dengan beban diri kita sendiri, Banyak penelitian telah membuktikan bahwa latihan dengan beban sangat bermanfaat untuk mencegah osteoporosis, meningkatkan kekuatan otot, dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Bila dilakukan dengan benar.
Latihan beban secara individual disusun atas 3 macam hasil yang dituju yaitu :

1. MENGENCANGKAN OTOT (mengaktifkan otot)
2. PEMBENTUKAN TUBUH (membesarkan otot dan membentuk tubuh)
3. LATIHAN KEKUATAN (untuk meningkatkan tenaga kita secara berarti)

Sekali lagi di parkour kita bisa latih otot kita dengan body weight, semoga bermanfaat dan tetap SEMANGAT..!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar